Rabu, 16 November 2016

Jaket Kulit Asli

Belanja jaket kulit

Mau trendi menggunakan jaket? bisa salah satunya menggunakan jaket kulit. Selain terliahat elegan dan trendi, jaket kulit juga memiliki beberapa keungulan dibandingkan jaket biasa.

Jaket kulit mempunyai kekuatan yang tidak diragukan. Jika dirawat dengan benar jaket kulit bisa bertahan sampai tahunan lamanya.

Jaket kulit asli terbuat dari kulit hewan biasanya kulit domba, kambing atau sapi. Tapi barang tiruannya pun sekarang semakin merebak, dan sekilas jika tidak teliti akan terlihat sama.

Jenis bahan buatan pabrik atau disebut bahan sintetis hampir mirip dengan bahan asli kulit, biasanya bahan dasarnya adalah kalep atau vinyl. Saking miripnya beberapa bahakan cukup sulit dibedakan hanya dari visualnya saja oleh pengerajin kulit berpengalaman sekalipun.

Hal ini tidak perlu dirisaukan jika penjual jujur bahwa jaket yang dijualnya adalah jaket kulit dari sintetis atau bisasa disebut KW. Tapi kitapun harus teliti saat belanja jaket kulit, jangan sampai menyesal setelah selesai membeli.

Untuk mengetahui apakah jaket kulit yang akan kita beli itu berbahan asli atau sintetis berikut beberapa tips yang bisa menjadi acuan.

Berikut ciri-ciri Jaket kulit Asli

1.. Cek Harga
Faktor harga bisa menjadi salah satu cara membedakan jaket kulit asli atau sintetis. Jika harga yang ditawarkan terlampau murah hingga jauh dibawah pasaran, kita perlu curiga dengan keaslian produk tersebut. Sebagai informasi rate harga jaket kulit asli dipasaran saat ini berkisar di angka 1 jutaan. Sobat juga bisa melakukan riset harga sendiri dengan bertanya pada beberapa pengerajin jaket kulit lokal.

2. Raba Tekstur Kulit
Salah satu ciri jaket kulit asli adalah tekstur permukaan kulitnya yang khas dan terasa lembut ketika diraba. Sebaliknya jika terasa licin dan sedikt kesat seperti plastik bisa dipastikan jaket terbuat dari bahan sintetis.

3. Cek Tepi / Potongan Bahan
Periksa bagian tepi atau potongan bahan jaket anda. Disini akan terlihat bekas serat dan lapisan bahan, jika jaket anda terbuat dari semi kulit pasti bagian tepi ini akan terlihat sempurna tanpa cacat.

4. Amati Pori-pori
Perbedaan jaket berbahan kulit asli dengan yang palsu juga bisa di lihat dari pattern di pori-porinya. Bahan sintetis punya pola yang konsisten di bentuk pori-porinya, berbeda dengan kulit asli yang polanya tidak konsisten. Hal ini sering terlihat jelas di bagian sambungan seperti area ketiak pada jaket kulit. Pengerajin kulit asli biasa menggunakan bagian kulit dari perut hewan untuk area ini.

5. Tes Elastisitas
Umumnya jaket kulit asli tidak akan terasa terlalu lentur, hal ini karena proses tempa yang membuat ketebalan bahan kulit asli menjadi lebih tipis.

6. Aroma
Kulit asli memiliki aroma yang khas yang tidak mungkin dapat direplikasi / ditiru oleh produk imitasi. Untuk mengenali bagaimana bau atau aroma jaket kulit yang asli ini anda tidak memerlukan latihan khusus, cukup bandingkan antara jaket kulit yang ori dan yang kw.

7. Cek Ketebalan
Bahan jaket kulit sintetis akan sulit mencapai ketebalan 0.6mm-0.7mm. Ketebalan ini adalah standard yang dipakai untuk pembuatan jaket kulit asli. Jika telah terbiasa hanya dengan meraba ketabalannya saja bisa terlihat mana jaket yang asli dan mana yang tiruan.

8. Terasa Hangat
Pengujian terbaik adalah dengan mencobanya. Jaket sintetis mungkin akan melindungi tubuh Anda dari cuaca dingin, namun tidak sebaik bahan kulit yang asli. Bandingkan keduanya dan dengan mudah akan diketahui mana yang terbuat dari kulit asli.

9. Terasa Sejuk
Ciri paling membedakan antara bahan kulit sintetis dengan bahan jaket kulit asli adalah ketika digunakan disiang hari atau cuaca panas. Jaket kulit asli akan terasa sejuk, berbeda dengan bahan imitasi yang terasa panas/gerah.

10. Awet
Setelah penggunaan lebih dari setahun biasanya akan langsung kelihatan, jaket sintetis memiliki daya tahan yang rendah, mudah pecah-pecah jika terpapar sinar matahari secara kontinyu.

11. Tes Api
Panaskan jaket kesayangan dengan api, jangan terlalu lama agar tidak merusak lapisan catnya. Jika bolong atau kulitnya rusak sudah pasti bahan tersebut sintetis atau vinyl. Kulit original tidak mudah rusak terkena panas.

12. Hasil Pembakaran
Ambil potongan contoh bahan, jika dibakar sampai hangus bahan kulit asli akan menjadi seperti abu, berbeda dengan jaket imitasi yang menjadi gumpalan seperti plastik yang terbakar.

Semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar